WELCOME TO MY BLOG

Wednesday, November 18, 2015

Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis


Nama : Abdurrahim Yusuf
Kelas : 3IA22
NPM: 50413045
Jurusan : Teknik Informatika
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik

BAB 2

SEJARAH MUNCULNYA DESAIN GRAFIS

Menurut Wikipidea didalam penjelasannya Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang melibatkan klien dan desainer, biasanya diselesaikan dalam hubungan antara produsen (misalnya, printer, programmer, signmakers, dll) kemudian dilakukan untuk menyampaikan pesan tertentu (atau pesan) untuk pemirsa yang ditargetkan.

"desain grafis" dapat merujuk ke sejumlah disiplin artistik dan profesional yang berfokus pada komunikasi visual dan presentasi. secara keseluruhan juga sering disebut sebagai Komunikasi Visual atau Desain Komunikasi. Berbagai metode yang digunakan untuk membuat dan menggabungkan kata-kata, simbol, dan gambar untuk membuat representasi visual dari ide dan pesan. Seorang desainer grafis dapat menggunakan tipografi, seni visual dan teknik tata letak halaman untuk menghasilkan hasil akhir. Desain grafis sering merujuk kepada kedua proses (merancang) oleh komunikasi yang diciptakan dan produk (desain) yang dihasilkan.

1.  Sejarah Desain Grafis

'"Pertama kali dicetuskan oleh William Addison Dwiggins pada tahun 1922 [2], kegiatan desain-seperti grafis rentang sejarah manusia: dari gua-gua Lascaux, ke Roma's Kolom Trajan terhadap manuskrip Abad Pertengahan, ke neons menyilaukan Ginza Dalam kedua ini sejarah yang panjang dan dalam ledakan yang relatif baru komunikasi visual dalam abad 20 dan 21,. kadang-kadang ada perbedaan kabur dan tumpang-tindih dari iklan seni, desain grafis dan seni rupa. mereka berbagi banyak  teori yang sama tentang elemen, prinsip, praktek dan bahasa.  Dalam iklan seni tujuan akhirnya adalah penjualan barang dan jasa. Dalam desain grafis, "adalah esensi untuk memberikan rangka untuk informasi, formulir ini untuk ide-ide, ekspresi dan perasaan untuk artefak yang mendokumentasikan pengalaman manusia."

A. The Advent Of Printing ( Munculnya Pencetakan)
Selama Dinasti Tang (618-906) antara blok abad ke-4 dan ke-7 AD kayu dipotong untuk mencetak pada tekstil dan kemudian untuk mereproduksi teks-teks Buddhis. Sebuah kitab suci Buddha dicetak di 868 adalah buku cetak paling awal yang dikenal. Dimulai pada abad ke-11, gulungan dan buku-buku yang diproduksi dengan menggunakan jenis cetak bergerak membuat banyak buku tersedia selama dinasti Song (960-1279). Sekitar tahun 1450, mesin cetak Johann Gutenberg's dibuat , buku tersedia secara luas di Eropa. Desain buku Aldus Manutius mengembangkan struktur buku yang akan menjadi dasar dari desain publikasi barat. Ini era desain grafis disebut Humanis atau Old Style. 

B. Emergence of the design industry ( Munculnya Industri Desain )
Di akhir abad 19 Eropa, terutama di Inggris, gerakan mulai untuk memisahkan desain grafis dari seni rupa.

Pada tahun 1849, Henry Cole menjadi salah satu kekuatan utama dalam pendidikan desain di Inggris, memberitahu pemerintah tentang pentingnya desain dalam bukunya Jurnal Desain dan Manufaktur. Ia mengorganisasi Pameran Besar sebagai perayaan teknologi industri modern dan desain Victoria.

Dari 1891-1896 William Morris 'Kelmscott Press menerbitkan buku yang beberapa yang paling signifikan dari produk desain grafis dari gerakan Seni dan Kerajinan, dan membuat bisnis yang sangat menguntungkan untuk menciptakan buku perbaikan gaya yang besar dan menjualnya kepada orang kaya untuk premi. Morris membuktikan bahwa pasar ada selama karya desain grafis di kanan mereka sendiri dan membantu merintis pemisahan desain dari produksi dan dari seni rupa. Pekerjaan Pers Kelmscott ditandai dengan obsesi dengan gaya historis. Historisisme ini, bagaimanapun, penting karena sebesar reaksi yang signifikan pertama dengan keadaan basi desain grafis abad kesembilan belas. Bekerja Morris, bersama dengan sisa gerakan Press Swasta, langsung mempengaruhi Art Nouveau dan secara tidak langsung bertanggung jawab untuk pengembangan dalam desain awal abad kedua puluh grafis pada umumnya.  

C. Twentieth Century Design (Abad ke-20 Desain)

Sebuah pesawat Boeing 747 dengan livery menunjuk sebagai Air Force One. bentuk cyan itu, bendera Amerika Serikat, segel presiden dan tulisan Caslon semua dirancang pada waktu yang berbeda dan dikombinasikan dengan desainer Raymond Loewy dalam desain yang terakhir.

Nama "Desain Grafis" pertama kali muncul di cetak dalam esai 1922 "New Jenis Percetakan Panggilan untuk New Design" oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika di awal abad 20.

Raffe's Desain Grafis, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan "Desain Grafis" dalam judul.

Signage di London Underground adalah contoh desain klasik dari era modern dan menggunakan font yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.


Pada 1920-an, Soviet konstruktivisme diterapkan 'produksi intelektual' dalam berbagai bidang produksi. Gerakan ini melihat seni individual sebagai tidak berguna di Rusia revolusioner sehingga bergerak ke arah menciptakan objek untuk tujuan utilitarian. Mereka merancang bangunan, set teater, poster, kain, pakaian, mebel, logo, menu, dll [rujukan?]

Jan Tschichold kodifikasi prinsip-prinsip tipografi modern pada tahun 1928 bukunya, New Tipografi. Dia kemudian menolak filsafat dia yang dianut dalam buku ini sebagai fasis, tapi tetap sangat berpengaruh.  Tschichold, Bauhaus typographers seperti Herbert Bayer dan Laszlo Moholy-Nagy, dan El Lissitzky adalah bapak desain grafis seperti yang kita kenal sekarang. Mereka memelopori teknik produksi dan perangkat gaya digunakan di seluruh abad kedua puluh. Tahun-tahun berikutnya melihat desain grafis di gaya modern mendapatkan penerimaan luas dan aplikasi. Pasca Perang Dunia II Amerika booming ekonomi menentukan kebutuhan yang lebih besar untuk desain grafis, terutama iklan dan kemasan. Emigrasi dari sekolah Bauhaus Jerman desain ke Chicago pada tahun 1937 "yang diproduksi secara massal" minimalis ke Amerika, memicu api liar arsitektur "modern" dan desain. nama-nama terkenal dalam desain modern pertengahan abad termasuk Adrian Frutiger, perancang Univers tipografi dan Frutiger; Paul Rand, yang, dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996, mengambil prinsip-prinsip Bauhaus dan diterapkan mereka untuk iklan populer dan desain logo , membantu menciptakan pendekatan unik minimalis Eropa Amerika untuk sementara menjadi salah satu pelopor utama subset dari desain grafis yang dikenal sebagai identitas perusahaan, dan Josef Müller-Brockmann, yang merancang poster secara parah namun dapat diakses khas tahun 1950-an dan 1970-an era.

2.  Modern Graphic Subfield (Sub Bidang Grafis Desain Modern)
Bidang Komunikasi Grafis dipilah menjadi 3 sub-bidang: 
·DesainGrafis: merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik. 
·Ilustrasi     : menampilkan informasi dengan ketrampilan gambar tangan dan penuangan  daya    imajinasi. 
·Fotografi   :menampilkan informasi dengan ketrampilan menangkap cahaya melalui kamera    dankepiawaian memilih / mengolah hasil bidikan. 





3. Explain about :
A.Information Design (desain informasi) adalah Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem: pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi; menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.” 
B.Typography(Tipografi)adalah seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
C. Web Graphic Design (WEB desain grafik) adalah sebuah desain untuk mengatur desain website yang dibuat untuk menciptakan kesan lebih enak dilihat dan dibaca
D. Instractional Design (instruksional desain) adalah keseluruhan proses analisis kebutuhan dan tujuan belajar serta pengembangan teknik mengajar dan materi pembelajarannya untuk memenuhi kebutuhan 
E, Marketing Design (desain marketing) memiliki hubungan yang amat erat sehingga keduanya amat sulit dipisahkan. Amatlah penting untuk mengetahui hubungan antara keduanya, memahami strategi keduanya serta menyadari bahwa hubungan antara desain dan marketing adalah simbiosis mutualisme yaitu hubungan yang saling menguntungkan.
F Digital Illustration (ilustrasi digital) l adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengesplorasikan kemampuan kreatif program computer untuk membuat seni visual berupa ilustrasi (illustrasi making) dan memperbaiki ilustrasi ( illustrasi Editing)

4.   The Influence Of Graphic Design In Our World

Movies 
Sebuah movies, juga disebut film, adalah serangkaian gambar diam yang, ketika ditampilkan di layar, menciptakan ilusi gambar bergerak karena fenomena phi. Ilusi optik ini menyebabkan penonton untuk merasakan gerakan kontinyu antara objek terpisah dilihat dengan cepat berturut-turut. Sebuah film dibuat dengan memotret adegan yang sebenarnya dengan kamera film dengan memotret gambar atau model miniatur menggunakan teknik animasi tradisional dengan cara CGI dan animasi komputer;atau kombinasi dari beberapa atau semua ini.




5. Graphic Design in term of modelling human computer interaction (Desain  Pemodelan Grafis dari segi interaksi manusia & computer)

Human Computer Interaction (HCI)                
Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

User Experience Desgn
Pengalaman pengguna (bahasa Inggris: user experience) adalah bagaimana cara seseorang merasakan ketika menggunakan sebuah produksistem, atau jasa. Pengalaman pengguna menyoroti aspek-aspek pengalaman, pengaruh, arti dan nilai dari interaksi manusia-komputer dan kepemilikan sebuah produk, juga termasuk persepsi seseorang mengenai aspek-aspek praktis seperti kegunaan, kemudahan penggunaan, dan efisiensi dari sebuah sistem. Pengalaman pengguna pada dasarnya subyektif, karena pengalaman pengguna berdasar atas perasaan dan pemikiran individu mengenai sebuah sistem. Pengalaman pengguna sifatnya dinamis, karena senantiasa berubah dari waktu ke waktu seiring berubahnya keadaan.


Sumber:





1 comment:

Link Gunadarma

http://www.gunadarma.ac.id/