WELCOME TO MY BLOG

Sunday, March 15, 2015

Teknologi Web


Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang berbentuk klien/server yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai. Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan Internet atau Intranet. Web dapat diakses oleh berbaga iplatform dengan menggunakan browser, misalnya Internet Explorer,Mozilla,Opera, dan lain-lain. Model dari aplikasi web dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah :


Proses pengaksesan suatu web yaitu klien melakukan permintaan suatu halaman web kepada server, kemudian server akan mencari halaman yang diminta dan mengembalikannya dalam bentuk kode kode HTML. Kode-kode HTML ini akan didownload oleh komputer klien dan kemudian akan diterjemahkan oleh browser menjadi suatu tampilan halaman web.Aplikasi web dibangun oleh 2 jenis scripting yaitu sebagai berikut:
a. Server Side Scripting Pemrograman dari sisi server maksudnya adalah membuat kode-kode program yang hanya dieksekusi di server menjadi bentuk tag-tag HTML untuk dikirim ke klien. Tag-tag inilah yang akan diterjemahkan oleh browser klien menjadi halaman web. Kode-kode program ini tidak akan kelihatan di klien.Contoh bahasa pemrograman dari sisi serveryaitu seperti PHP, ASP, JSP dan lainnya.Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat suatu halaman web menjadi dinamis. 
b. Client Side Scripting Pemrograman web dari sisi klien maksudnya adalah membuat kode-kode program yang dieksekusi di klien khususnya oleh browser.Kode-kode program ini bisa dilihat oleh klien.Contoh bahasa pemrograman dari sisi klien yaitu HTML, javascript, CSS. HTML adalah tag-tag yang diterjemahkan oleh browser untuk membentuk secara visual suatu halaman web. HTML sekarang dikembangkan menjadi eXtensible HyperText MarkupLanguage (XHTML), sebuah versi yang lebih matang dan stabil. XHTML datang bersama beberapa cara dan pemikiran yang baru mengenai tag dalam halaman web. Aturan aturan dalam XHTML lebih ketat dibandingkan HTML dari segi cara penulisan.XHTML dapat merupakan perpaduan antara HTML dan XML karenamerupakan formulasi ulang HTML dalambentuk XML.
Sekarang ini, XHTML menjadi standar suatu web berdasarkan rekomendasi
W3C (World Wide Web Consortium). CSS dan javascript adalah bahasa program untuk membuat tampilan web menjadi interaktif.CSS dan javascript disisipkan di antara sintaksHTML.Berbagai contoh aplikasi web yaitu seperti mesin pencari atau search engine(google,yahoo), tokoonline(amazon), situs berita(detikcom), layanan akademis perguruan tingg i(website IT Telkom) dan lain-lain.


WWW


World Wide Web secara luas lebih dikenal dengan istilah  Web. Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss.  Internet dan web adalah dua hal yang berbeda.  Internet lebih merupakan perangkat keras, sedangkan web adalah perangkat lunak.  Selain itu, protokol yang dipakai oleh keduanya juga berbeda.  Internet menggunakan TCP/IP sebagai protokol operasionalnya, sedangkan web menggunakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).




Web disusun dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain.  Suatu standar teknologi web saat ini sudah tersusun, meskipun penerapannya belum didukung oleh seluruh pengembang web.  Standar ini disusun oleh suatu badan yaitu World Wide Web Consortium (W3C).  Standar ini dibutuhkan karena semakin banyaknya variasi dalam teknologi web sehingga terkadang satu sama lain tidak kompatibel.




PERKEMBANGAN TEKNOLOGI WEB


WEB 1.0 (1990)


Adalah generasi pertama dari website di internet. Pada tipe ini pengunjung hanya bisa mencari (searching) dan melihat-lihat (browsing) data informasi yang ada di web. Jadi web tipe ini terlihat seperti papan pengumuman di dunia maya.Dalam hal ini pengunjung tidak ada proses input data ke website.
World wide web pertama kali menemukan bentuknya di November 1990. Hingga tahun 1993, jaringan internet berkembang demikian pesatnya. Perkembangan jaringan internet up to (seperti promosi ISP saja ) 341,000% .
Layanan yang internet kala itu masih berkisar diantara static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink. Umumnya website berformat “brosur online” – website yang menyampaikan informasi satu arah – umumnya berbentuk profile, portal berita, toko online, layanan email, dll. Web kala itu dihuni oleh website-website yang di desain menggunakan table dan flash. Contohnya adalah DotCom Bubble Burst, atau DotCom Crash, atau DotCOm Doom.


Ciri ciri dari web 1.0

  • Website umumnya bersifat static yang jarang berubah atau samasekali tidak berubah
  • Website umumnya tidak interaktif
  • umumnya teknologi yang dipakai adalah teknologi tertutup
  • Kebanyakan desain webnya menggunakan Frame
  • Tampilan kombinasi warna dan textnya terlihat norak karena hanya terbatas pada 16 warna dan 6 jenis font
  • Informasi yang ada umumnya berupa berita text dan gambar

Teknologi web 1.0

  • HTML dasar, CSS dasar dan Javascript
  • Flash dan Java applet
  • Browser populer adalah Netscape dan Internet Explorer
  • koneksi internet masih dial up maximal 56kbps

WEB 2.0(2001-2010)

Era pengembangan web kedua (Web 2.0) di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh sistem yang ada pada web. Web 2.0 sendiri merupakan sebuah istilah yang pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004.
Web 2.0 memiliki beberapa ciri mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang, penggunaan web untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting.stilah web 2.0 tidak mengklasifikasikan world wide web berdasarkan teknologinya, namun berdasarkan karakter website tersetbut. Istilah web 2.0 juga memunculkan istilah web 1.0: Satu istilah untuk era sebelum web 2.0.
Pada garis besarnya, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi. hubungan komunikasi many-to-many. Jika pada era web 1.0 (era sebelum web 2.0, dari 1990 hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet, namun pengadaan konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang menguasai bahasa HTML untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun hanya satu arah: dari pemilik website ke pengunjungnya. Pada era web 2.0, pengadaan konten di internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke dalam kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di tulisan selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll.



Ciri dari web 2.0

  • Website bersifat dinamis dan interaktif dengan adanya teknologi AJAX
  • User bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen informasi dalam istilah populer adalah user generated content(contoh youtube atau wikipedia)
  • Teknologi yang dipakai umumnya open source
  • desain web menggunakan CSS layout
  • Informasi terdiri dari text, gambar, audio, video  dan animasi
  • Web sebagai media berkomunikasi dan berkolaborasi
  • Jejaring social mendominasi di era ini.
  •  Munculnya startup
  • Munculnya jenis website seperti microbloging, photo dan video sharing, online bookmarking, blog dan jejaring social

Teknologi  di Web 2.0

  • Ajax dan jQuery serta Javascript library mendominasi
  • Meningkatnya penggunaan HTML5 dan makin menurunnya pengguna Flash
  • Mobile Web dan Responsive web design
  • XML dan JSON untuk pertukaran data
  • Web API dan Mashup (Mashup adalah istilah menggabungkan beberapa layanan menjadi satu, contoh menampilkan tweet di Google maps)
  • Browser yang popular adalah Chrome,safari dan Firefox
  • koneksi internet menggunakan broadband (>1MB/s)
  • Android dan iOS mendominasi pengguna mobile web.

WEB 3.0 ( 2005 - Sekarang)



Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.


Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web Semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.

Web 3.0 terdiri dari :

  1. Web semantik
  2. Format mikro
  3. Pencarian dalam bahasa pengguna
  4. Penyimpanan data dalam jumlah besar
  5. Pembelajaran lewat mesin
  6. Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar. Walaupun masih belum sepenuhnya direalisasikan, Web 3.0 telah memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam menampung metadata, misalnya Resource Description Framework (RDF) dan the Web Ontology Language (OWL). Konsep Web Semantik metadata juga telah dijalankan pada Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.


Ciri ciri

  • Integrasi web kedalam produk Rumah tangga seperti TV, Kulkas atau Jendala pintar atau home entertainment contoh produk ini adalah Smart windows dari samsung atau Google Nexus Q 
  • Semantic Web, Contoh dari penggunaan dari semantic web adalah Knowledge graph di Google Search
  • Natural language  prosesing. Perintah menggunakan suara. Contohnya adalah Siri, Voice Action Android atau Voice search di Google
  • Location based service dan personifikasi informasi. Web tidak lagi memberikan informasi, namun solusi. Contoh layanan ini adalah Layar dan Google Now.
  • Komputer (dan web)  yang bisa dipakai , Contoh dari produk ini adalah Google glass.

Teknologi web 3.0

Untuk teknologi yang mendominasi web 3.0 adalah sbb:
  • Semantic Web (Contoh knowledge graph)
  • Artificial Intelegence (Siri)
  • Realtime comunication & colaboration (Google docs, Google Wave)
  • Augment Reality (Layar, aplikasi di android)
  • Computer generated Information (Contoh Wolfram Alpha)
  • HTML5 dan Cloud teknologi


HTML




HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language.HTML sendiri adalah sebuah Markup teks yang digunakan untuk membuat halaman web yang nantinya akan menampilkan informasi.Sebuah file dokumen yang ditulis dalam format HTML akan dibaca dan diterjemahkan oleh web brower (seperti Internet Exploler,Google Chrome,Mozilla Fire fox).file-file yang dituis dalam format HTML bisa disimpan dalam ekstensi (.htm atau .html) file-file terebut bisa ditulis dalam beberapa text editor sederhana misalnya worpad.




bentuk umum HTML :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Halo ini judul web pertama saya
</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
            Ini isi web pertama saya
</BODY>
</HTML>

<HTML> dan </HTML> berfungsi untuk menandakan awal dan akhir sebuah Dokumen HTML,dan dokumen HTML sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian kepala <HEAD> dan </HEAD> serta bagian badan atau isi yaitu <BODY> dan </BODY>.Bagian kepala sendiri bisa diisikan dengan judul dan perkenalan lainnya seperti <TITLE> judul nya </TITLE>


Perkembangan HTML



Dimulai dari tahun 1980 IBM mulai membuat suatu bahasa pemrograman dimana Text dan format sebuah dokumen dijadikan satu dalam sebuah bahasa pemrograman yang disebut GML(Generalized Markup Language),lalu pada tahun 1986 ISO pun mulai membuat sebuah standardarisasi bahasa pemrograman tersebut dan mengubah GML menjadi SGML(Standard Generalized Markup Language).Mulailah kelahiran HTML pada tahun 1989 yang muncul dari pemikiran Caillau Tim dan rekannya Banners Lee Robert.Mereka mengembangkan bahasa pemrograman ini dan mempopulerkannya dengan browser Mosaic nah mulailah HTML semakin berkembang dan populer di tahun 1990.



Ø  HTML versi 1.0 ini adalah versi pertama sejak lahirnya nama html tersebut, memiliki sebuah kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, bold dan italic text, wrapping serta memiliki dukungan dalam peletakan sebuah gambar

Ø  HTML versi 2.0 pada 14 Januari 1996, pada versi ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment, hal ini menyebabkan adanya sebuah interaktif dan mulai dari versi ini yang menjadikan sebuah pioneer dalam perkembangan homepage interaktif.

Ø  Tak lama kemudian HTML versi 3.0 dirilis pada 18 Desember 1997 yang sering disebut sebut sebagai HTML+ yang mempunyai kemampuan dalam beberapa fasilitas diantaranya adalah penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidak bertahan lama
.
Ø    Dan pada bulan Mei 1996 dikeluarkan versi baru sebagai pengganti dan penyampurnaan versi 3.0 ini yaitu HTML versi 3.2, keluarnya versi ini dikarenakan adanya beberapa kasus yang timbul pada pengembang browser yang telah melakukan pendekatan dengan cara lain yang justru hal tersebut menjadi popular, maka di bakukan versi 3.2 untuk mengakomodasi praktek yang banyak digunakan oleh pengembang browser dan diterima secara umum, dapat dikatakan bahwa versi 3.2 ini merupakan versi 3.0 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.

Ø    Nah yang terakhir perombakan terjadi pada tahun 1999 tepatnya tanggal 24 Desember yaitu HTML versi 4.0, seperti yang kita kenal HTML pada saat ini penambahan link, meta, imagemaps , image dan lain lain sebagai penyempurnaan versi 3.2

Ø   Pada tanggal 4 Maret 2010, terdapat sebuah informasi bahwasanya HTML versi 5.0 masih dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0


HTML 5 adalah suatu spesifikasi atau standard yang dikeluarkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) sebagai revisi dari standard HTML. Saat ini ditulis kita banyak menjumpai aplikasi web yang masih menggunakan standard HTML4 namun beberapa sudah mulai migrasi ke standard web HTML5.

Standard HTML4 yang dijumpai banyak memiliki kelemahan untuk mendukung aplikasi web yang interaktif. Akibat hal ini banyak orang menambahkan fitur baru baik disisi aplikasi web ataupun disisi browser. Solusi ini dikenal dengan plugin dan salah satunya adalah Flash dan Silverlight.

Semakin menjamurnya plugin didalam aplikasi atau browser membuat aplikasi web ini susah untuk menembus banyak browser. Hal ini dikarenakan setiap plugin mempunyai cara yang berbeda-beda.



Bahasa Pemograman Web





1. Pertama dan paling banyak digunakan adalah HTML atau HyperText Markup Language. Bahasa ini ditafsirkan oleh browser sejenis IE, Internet Explorer atau Firefox dan Opera, serta browser lainnya. Bahasa ini digunakan untuk menerapkan konten ke situs web, seperti teks dan gambar.


2CSS, digunakan untuk menambahkan warna dan tata letak situs web.

3RSS, digunakan untuk membuat feed subscribe, digunakan untuk blog, tetapi juga digunakan untuk situs web yang sering memperbarui konten.

4. Bahasa lain yang sedang terkenal digunakan adalah PHP atau kode PHP, tertanam di dalam halaman HTML dan dapat menghubungkan link ke database untuk menghasilkan konten dinamis HTML. Selanjutnya, script PHP dapat dibuat untuk dijalankan pada sistem operasi dengan sedikit atau tanpa modifikasi.

5XML [eXtensible Markup Language]. Bahasa ini memungkinkan programmer untuk menciptakan tag yang dapat disesuaikan. Tag ini dapat mempunyai fungsi yang tidak tersedia dalam HTML saja.

6Java dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dapat dibuat untuk dijalankan pada Windows atau sistem Mac dengan sedikit usaha. Anda mungkin mengenalinya dengan simbol di bagian bawah layar sebagai icon cangkir kopi. Java juga digunakan pada smartphone, iPad, dan perangkat elektronik lainnya.

7. Bahasa lain yang digunakan adalah disebut Javascript/Jscript. Bahasa ini berjalan pada web browser. JavaScript mengatur sebagian besar interaktivitas pada halaman web. Menambahkan efek khusus untuk sebuah situs web, seperti animasi, efek hover. Mengubah gambar atau perubahan warna teks ketika mouse diarahkan diatasnya, menciptakan ekor mouse, semuanya mungkin melalui Javascript.


8ASP atau Active Server Pages adalah bahasa terakhir yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Keuntungan besar dalam menggunakan ASP adalah kemudahan maintenance situs web. Namun, kerugiannya adalah mereka dapat menjadi terlalu bergantung pada teknologi Microsoft.





WEB Browser

Web Browser dapat diartikan sebagai tools atau aplikasi yang digunakan untuk membuka atau menjelajah halaman internet baik itu berupa text, gambar, suara, video dan dokumen-dokumen web lainnya. Web browser juga sering disebut dengan peramban, jadi dengan web browser inilah kita dapat menjelajah halaman internet.
Browser sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang dikenal dengan Mosaic. Mosaic ini merupakan brower yang diciptakan oleh National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC). Kemunculan browser Mosaic hadir tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web).
Browser Mosaic pada awal kemunculuannya sangat digandrungi oleh para pengguna internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis yang terlihat lebih menarik.
Kepopuleran Mosaic juga ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic tersebut mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.


1# Google Chrome
web-browser-google-chrome
Browser yang satu ini dikembangkan oleh pengembang raksasa mesin pencari google, untuk saat ini google chrome merupakan browser yang paling populer, tampilan sederhana dan kemampuannya yang disebut sebagi web browser tercepat untuk saat ini menjadikannya sangat populer dan paling banyak digunakan.
Sampai tulisan ini dibuat versi terbaru dari google chrome adalah Version 36.0.1985.143. Jika anda tertarik dengan browser yang satu ini anda dapat berkunjung ke situs google chrome di bawah ini.



2# Mozilla Firefox
web-browser-mozilla-firefox
Mozilla Firefox juga merupakan salah satu browser yang terpopuler dan banyak digunakan. Browser yang aslinya bernama phoenix ini dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Browser ini juga dapat digunakandi berbagai flatform.
Sebelum google chrome menjadi populer Mozilla Firefox merupakan browser yang sempat paling populer dan paling banyak digunakan. Mozilla Firefox memiliki tampilan yang cukup sederhana dan memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk menjelajah halaman web. Untuk saat ini Mozilla firefox sudah memasuki versi terbarunya yaitu 31.0 untuk mengetahui lebih detail mengenai browser yang satu ini anda boleh berkunjung ke situs resminya di
3# Internet Explorerer
web-browser-internet-explorer
Internet Explorer atau biasa disingakat dengan IE merupakan perangkat lunak penjelajah internet besutan microsoft yang bisa digunakan secara gratis. Internet Explorer versi pertama diluncurkan pada 16 Agustus 1995.
Untuk rilis terbarunya Internet Explorerer terlah mengeluarkan versiExplorer 11 yang dikhususkan untuk penggguna windows 7. Apabila anda tertarik untuk menggunakannya anda boleh mengunjungi situs resminya di
4# Opera Mini
web-browser-opera
Opera merupkan web browser yang dapat digunakan antar platform yang berbeda. Opera browser ini dibuat oleh Opera software yang ada di Oslo, Norwegia. Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994, yang saat itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia.
Opera telah dikenal memiliki banyak fitur yang akhirnya ditiru oleh para kompetitornya. Bagi pengguna komputer opera browser ini hanya memiliki pangsa yang sedikit. Tetapi untuk penjelajahan internet di perangkat smartphone opera minilah yang nomer satu,  selain itu Opera juga menawarkan banyak fitur seperti browser pop-up, integrasi dengan tool translasi, filter URL, low bandwith dan banyak lagi Dengan logo ” O ” berwarna merah , banyak kalangan yang mengakui kelebihannya.
Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.
5# Safari
web-browser-safari
Safari merupakan peramban web buatan Apple inc, yang pada awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari di pasang bersama Mac OSX dan merupakan peramban bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS v10.3.
Sebelumnya tahun 1997 hingga 2003  masih menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 juni 2007, versi untuk windows baik yang cocok untuk xp atau Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco. Untuk mendownloadnya anda boleh berkunjung ke situs dibawah ini.
6# Netscafe Navigator
web-browser-netscape-navigator
Netscape Navigator merupkan web browser yang terkenal di era 90-an sebelum hadirnya internet explorer (IE) yang dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusanNCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Illionis) dan programer programer paruh waktu.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet.
Dan menurut wikipedia netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozilla firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, Dan memberikannya kepada mozilla foundation.
7# Maxthon Browser
Maxthon-Web-Browser
Browser Maxthon menggunakan IE sebagai dasar, namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. Jadi fitur ini akan membuat anda lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya. Maxthon mempunyai beberapa tool yang dapat menerjemahkan halaman situs ke beberapa bahasa. Tampilannya juga terlihat lebih user friendly dan enak dilihat.
Untuk mendownloadnya anda boleh berkunjung ke situs di bawah ini.
Berikut tampilan web browser Maxthon yang saya gunakan di windows.
tampilan-web-browser-maxthon
Browser yang satu ini sangat baik untuk digunakan selain memiliki kecepatan yang mumpuni juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki browser lainnya seperti fitur Maxthon Dock yang tersedia di sidebar yang terlihat sangat praktis untuk digunakan. Demikian juga dengan tampilan Maxthon yang enak dilihat  membuat penggunanya merasa nyaman untuk menggunakannya.
8. iCab
web-browser-iCab
Aplikasi web browser iCab yang berlogo mobil ngebut ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihanyang tepat untuk pengguna yang mencari browser yang bisa bekerja baik pada semua Mac OS.
Untuk mendownloadnya anda boleh berkunjung ke situs resminya.
9. Flock
web-browser-flock
Flock browser merupakan penjelajah web yang berspesialisasi kepada fitur penyedia jejaring sosial dan merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox dengan fitur-fitur menarik untuk memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing.
Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka friendster, mySpace atau Facebook dan situs-situs komunitas lain.Perangkat lunak flock ini gratis dan dapat dipakai diberbagai platform. Untuk mendownloadnya anda boleh kunjungi situs di bawah ini.
http://filehippo.com/download_flock






Sumber :

http://kursus.tracom.web.id/2011/06/konsep-dasar-dan-teknologi-web.html
http://www.candra.web.id/2012/08/22/ciri-dan-teknologi-web-3-0/
http://www.zainalhakim.web.id/perkembangan-teknologi-web.html

No comments:

Post a Comment

Link Gunadarma

http://www.gunadarma.ac.id/