WELCOME TO MY BLOG

Thursday, November 7, 2013

tidak aktifnya organisasi karang taruna

1.Pendahuluan

Organisasi merupakan kumpulan individu dalam suatu wadah untuk menyalurkan aspirasi dan mengasah kreativitas dalam bersosialisasi. Menurut Robbins, organisasi sebagai kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi yang bekerja atas dasar yang relatif terus-menerus untuk mencapai tujuan bersama. Dari definisi tersebut menyatakan bahwa organisasi terbentuk dari kesadaran masing-masing individu yang ingin membentuk sebuah kelompok agar mempermudah dalam pencapaian tujuan bersama. Hal ini membuktikan bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan kehadiran dari manusia lain. Golongan muda sering disebut sebagai golongan masyarakat yang mempunyai tenaga dan semangat yang besar dalam berbagai hal. Namun, jika tenaga dan semangat yang besar itu tidak diaplikasikan kedalam bentuk kegiatan yang baik maka hanya akan terbuang percuma.

2.Rumusan masalah  

Berdasarkan penjelasan di atas, maka saya merumuskan masalah kedalam beberapa pertanyaan yaitu :

1. pengertian permasalahan sosial?
2. faktor-faktor permasalhan sosial?
3. apa Sumber permasalahan sosial ?
4. Apa pengertian dari organisasi karang taruna ?
5. Apa tujuan didirikannya organisasi karang taruna ?
6. Apa faktor penghambat organisasi karang taruna ?
7. solusi apa yang dapat membuat organisasi karang taruna aktif kembali?

3.Pembahasan

Pengertian Permasalahan sosial


Permasalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Faktor-faktor permasalahan sosial 

faktor-faktor permasalahan sosial yaitu :
  1. faktor ekonomi
  2. faktor budaya
  3. faktor psikologi
  4. faktor biologis
Sumber masalah sosial 

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam.

Pengertian Organisasi
pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama..


Penjelasan

Permasalahan sosial yang sering sekali terjadi di lingkungan kita yaitu tidak aktifnya organisasi remaja di komplek rumah yaitu organisasi "KARANG TARUNA".Karang taruna adalah organisasi kepemudaan indonesia. karang taruna merupakan wadah pengembang generasi muda nonpartisipan. karang taruna bertujuan yaitu terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di RT/RW/Kelurahan/desa. tetapi kenyataannya saat ini organisasi karang taruna sudah tidak aktif di sekitar rumah. . sewaktu karang taruna aktif dahulu banyak sekali program-proram ataupun kegiatan yang di selengarakan oleh para remaja yang berada di sekitar rumah,seperti: adanya kegiatan 17an agustus , bakti sosial,bersih-bersih masal dan banyak lagi. tapi pada kenyataan yang sekarang semua kegiatan tersebut sudah tidak pernah dilaksanakan.Organisasi Karang taruna sudah tidak aktif seperti sedia kala.


Penyebab  dan Solusi


Organisasi Karang Taruna tidak aktif disebabkan kurangnya sosialisasi pengurus RT/RW kepada para remaja, kurangnya motivasi atau dorongan dari orang tua untuk mengikuti organisasi karang taruna tersebut, para remaja menganggap kegiatan karang taruna membosankan , dan juga adanya kesibukan setiap remaja. dengan adanya penyebab tersebut organisasi karang taruna yang seharusnya aktif menjadi tidak aktif. organisasi karang taruna dapat aktif kembali jika adanya sosialisasi / penyuluhan oleh masing-masing pengurus RT/RW kepada para remaja agar mereka mengerti maksud dari di adakanya organisasi karang taruna,merubah pola pikir para remaja bahwa berorganisasi itu menyenangkan dan dapat menambah wawasan dan kepercayaan diri .Dengan adanya suatu solusi yang baik pastinya organisasi karang taruna akan aktif dan semua kegiatan akan berjalan lancar kembali.  

NAMA : ABDURRAHIM YUSUF
NO.NPM:50413045
KELAS: 1IA20  

No comments:

Post a Comment

Link Gunadarma

http://www.gunadarma.ac.id/