WELCOME TO MY BLOG

Thursday, March 10, 2016

#Petgame Sejarah Game



Game 



Game atau permainan merupakan aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Permainan dibagi menjadi 2 yaitu :



  1. Permainan Tradisional 
  2. Permainan Modern

 Pengertian game menurut para ahli : 



  • Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan Anda.
                      
  • Menurut David Parlett, game adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya" : artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.

  • Menurut Roger Caillois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut : fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertainnon-productivegoverned by rules (ada aturan), dan fictitious (pura-pura).

  • Menurut Clark C. Abt, game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan "dibatasi oleh konteks tertentu" (misalnya, dibatasi oleh peraturan).

  • Menurut Bernard Suits, game adalah "upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu".

  • Menurut Greg Costikyan, game adalah sebentuk karya seni di mana perserta, yang disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.




  • Menurut Fauzi A, Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan  oleh aktivitas dan rutinitas kita
  • Menurut Samuel HenryGame merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak
  • Menurut Andik SusiloGame adalah salah satu candu yang susah  dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba
  • Menurut Wijaya Ariyana & Deni Arifianto, Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya



Game Konvensional 



Permainan tradisional dapat diartikan sebagai satu kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan menurut tradisi, sehingga menimbulkan rasa puas pada pelakunya. (Muhammad Zaini, Permainan Tradisional Indonesia. 1988). 
      
Permainan tradisional adalah suatu jenis permainan yang ada pada satu daerah tertentu yang berdasarkan kepada kultur atau budaya daerah tersebut. Permainan tradisional biasanya dimainkan oleh orang-orang pada daerahnya tertentu dengan aturan dan konsep yang tradisional pada jaman dulu. Permainan tradisional kurang begitu dikenal oleh anak-anak pada jaman sekarang kebanyakan orang tua jaman dulu yang masih sangat tahu bagaimana memainkan permainan ini khususnya mengenang masa kecil mereka bermain permainan tradisional ini. . Contohnya :
  • Lompat Jauh
  • Lompat Gagah
  • Lompat Lembing
  • Senam
  • Tenis Meja
  • Anggar
  • Bersepeda
  • Memanah
  • Bulutangkis
  • Sepak Bola
  • Bola Basket
  • Bola Voli
Itu adalah contoh permainan olahraga, ada pula permainan yang lain, yaitu permainan fikiran atau permainan yang dilakukan dengan cara berfikir, permainan ini dapat dilakukan 2 orang ataupun bertiga.
Contohnya :
  • Catur
  • Congklak
  • Ular Tangga, dsb


Enggrang 



Engrang

Permainan enggrang ini adalah permainan tradisional khas orang Indonesia. Tidak menggunakan tekhnologi canggih karena permainan ini sudah ada dari ratusan tahun lalu.
Permainan yang dibuat menggunakan batang bambu berukuran sedang kemudian dijadikan alas kaki sebagai pijakan dulu dianggap sebagai permainan yang sangat menantang.
Tidak semua orang bisa memakai enggrang. Maka itu, permainan enggrang butuh latihan sebelumnya. Lebih serunya lagi, dulu remaja sering bermain sepak bola sambil menggunakan enggrang. Permainan sepak bola jadi jauh lebih sulit karena harus menyeimbangkan enggrang saat menendang bola.

Peraturan Balap Lari Menggunakan Enggrang

Permainan enggrang selain dipakain untuk main sepak bola, biasanya juga dipakai untuk balap lari. Peraturan permainannya sederhana, 2-5 orang menjadi peserta di sebuah lapangan terbuka. Kemudian mereka berlari ke garis finish dan yang sampai duluan adalah pemenangnya. Nah, selama peserta berlari diperbolehkan mengetuk-ngetuk kaki enggrang musuhnya supaya terjatuh. Tapi dilarang mendorong dan mengenai tubuh lawan kita, hanya boleh mengetuk dan menyenggol enggrangnya saja.

Nilai Budaya dalam Permainan Enggrang

Dalam sebuah permainan tradisional tentu ada nilai budaya atau budi pekerti di dalamnya. Pada permainan enggrang terkandung nilai budaya yang sangat banyak, antara lain: kerja keras, ketekunan, keseriusan, keuletan dan sportivitas untuk mencapai sebuah tujuan.
Pembuatan enggrang sendiri sudah menggambarkan keseriusan dan keuletan. Permainan enggrang yang berusaha dengan gigih menggambarkan kerja keras. Tidak berbuat curang dan mengukuti peraturan adalah cerminan dari sportivitas. Kalah atau menang diterima hasilnya bersama-sama.


Galasin
Galasin

Gobak Sodor atau Galasin adalah sejenis permainan tradisional asli Indonesia. Tiap daerah mungkin mempunyai sebutan nama yang berbeda-beda, ada yang menamakan dengan galah asin, galasin atau gobak sodor. Sedangkan di daerah kelahiaran saya, permainan ini disebut dengan “Gobag”. Permainan ini merupakan permainan grup yang terdiri dari 2 kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 3 - 5 orang.

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur tulis. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan  garis batas vertikal.

Berikut ini cara bermain gobak sodor atau galasin: 
  • Sebelum bermain perlu membuat garis-garis penjagaan dengan kapur tulis yang membentuk lapangan segi empat yang kemudian dibagi menjadi 6 bagian. Buatlah garis di tengah lapangan yang memotong keempat persegi panjang tersebut sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
  • Selanjutnya membagi para peserta menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 - 5 atau dapat disesuaikan dengan jumlah peserta. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim jaga dan tim lawan biasanya dilakukan dengan ping sut (di daerah saya disebutnya suit) oleh kapten dari masing-masing tim.
  • Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan, caranya yang dijaga adalah garis horisontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal (kapten). Untuk penjaga garis horisontal tugasnya adalah berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Pemain yang menjaga garis horisontal bisa bergerak ke kanan dan ke kiri. Bagi yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal maka tugasnya adalah menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Pergerakan pemain yang menjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya.
  • Sedangkan tim yang menjadi lawan, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai ke baris awal tanpa tersentuh oleh tim jaga. 

Manfaat yang dapat kita ambil dalam Permainan Gobak Sodor atau Galasin, selain mengajarkan kebersamaan, kita juga bisa belajar kerja sama yang kompak antara satu penjaga dan penjaga lain agar lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan kita. 

Permainan ini sangat menarik, seru, dan juga menyenangkan. Namun untuk bisa memenangkan permainan ini tentu tidaklah mudah, karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika ingin meraih kemenangan. Untuk itu diperlukan ketangkasan, strategi, kecepatan dan kecerdikan.


Congklak 




Congklak
Permainan ini adalah salah satu mainan tradisional Indonesia yang sangat di gemari terutama banyak di mainkan anak-anak wanita. Untuk kaum Adam mungkin permainan ini kurang begitu menarik.
Congklak yang dipercayai berasal dari negeri Afrika atau Arab, namun permainan ini juga cukup identik permainan tradisional masyarakat Jawa. Selain di pulau Jawa, permainan ini dikenal juga di daerah lain, Congklak tersebar ke Asia melalui pedagang-pedagang Arab.
Di Indonesia permainan dikenali dengan nama congklak, di Filipina, sungka. Pada zaman dahulu, golongan istana bermain congklak dengan menggunakan papan congklak yang berukir mewah, sementara di kalangan rakyat jelata, dimainkan dengan mengorek lubang di dalam tanah dan mengunakan biji-bijian.
Permainan dakon atau congklak ini sangat mudah. Lubang pada papan congklak berjumlah 16 buah. Masing-masing sisi papan dakon terdapat 7 buah lubang dan 2 buah lubang di masing-masing pojokan/ujung papannya.
Permainan Congklak itu diperlukan 98 buah biji sawo/batu kerikil.  7 buah lubang itu diisi 7 buah biji untuk masing-masing lubangnya. Jadi, masing-masing pemain memiliki 49 buah biji kecil yang siap dijalankan.
Dan pada zaman yang semodern sekarang ini permainan congklak boleh dikatakan hampir tidak ada lagi alias sudah mulai ditinggalkan. tergerus oleh permainan yang menggunaan teknologi baru.


Macam-macam Permainan  Tradisional :


Gasing



Boy-boyan













Game Modern 


Game (permainan) adalah kegiatan yang kompleks yang di dalamnya terdapat aturan play dan, budaya. Tujuan game ini adalah untuk mrnghibur, biasanya game ini banyak di sukai anak anak dan orang dewasa. Game ini sebenarnya sangat penting untuk melatih otak, olah pikir dan meningkatkan konsentrasi untuk memecahkan masalah yang sedang di alami saat bermain game, karna harus di selesaikan dengan tepat Terdapa 5 kategori istilah game yaitu : Board Game (permainan papan) Card Game (permainan kartu) Athletic Game (permainan atletik) Children Game (permainan anak) dan Computer Game (permainan komputer) Sejarah teknologi Game secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri, Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya di gunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain game.

 Generasi pertama   
A.S Douglas

Generasi game diciptakan oleh A.S. Douglas, ia menciptakan permainan grafis pertama versi, tic-tac-toe. Game tersebut diprogram di komputer 'EDSAC Vaccuum-tube'. 1972, pada saat itu orang belum mengenal konsul atau geme komputer, yang mereka tau adalah vidio game, yaitu sebuah permainan elektronil yang menampilkan gambar bergerak (vidio). Sebuah perusahaan yang bernama Magnavox meluncurkan vidio game pertama, yaitu odyssey. 




Permainan Grafis pertama TIC-TAC TOE:
Tic-tac toe

Game odyssey:
Odyssey



Generasi Kedua    
Fairchild Channel F 
Generasi ke dua di mulai dari tahun 1976 di mana era munculnya era 8 bit kurang dari 4 bit era. Pada generasi ini keluar console gameyan di rilis oleh Fairchild Channel F dan radofin 1292 Advanced Programmable Video System. Dan pada generasi kedua ini banyak bermunculan console video game dan menjadi buruan orang banyak. Console yang termasuk generasi kedua ini adalah dari ki-ka adalah  Fairchild Channel F Atari, 2600. dan Magnafox Odyssey ver.2 


Magnafox Odyssey ver.2


Generasi Ketiga   

Nitendo FAMIC
Generasi ini merupakan munculnya generasi nitedo dan seg. generasi tiga ini di mulai pada tahun 1983 yang di produksi oleh negeri Matahari terbit di jepang yang bernama FAMICOM atau yang biasa di sebut dengan Nitedo yang menggunakan 8 bit processor.,Disini mulai mengenal game mini yang bisa di bawa 




Super Mario Bros Nitendo Famicom



Generasi Keempat    



Sega Drive
generasi ke empat di mulainya pada tahun 1988 di mana nitedo dan sega masih bersaing . Sega mengeluarkan sega baru yaitu sega drive. 





Kumpulan Game Sega Drive




Generasi Kelima

Playstation 


Era 32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang. Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.
Konsol NItendo 64 :
Game PS 1 & Nitendo 64 :
Crash Team Racing 
Mario Party 3







Genarasi Keenam

Playstation2,XBOX360,

Generasi keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP) yang hingga saat ini terus membayangi kesuksesan Nintendo DS.

Game Playstation 2  & Nitendo DS :




Hunders Cats
Naruto Ultimate Ninja 5 

                




Generasi KeTujuh 


XBOX 360,Playstation 3,Nitendo

Microsoft telah menggeber XBox 360, sementara itu Sony dan Nintendo dengan PS3 dan Wii. Pada generasi ketujuh ini konsol game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang.


Game Playstation 3 & XBOX 360 :





Juiced 2





Watch Dogs




Generasi kedelapan

Playstation 4, Nitendo WII

Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine.Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move





Game Playstation 4 & XBOX ONE :



GTA 5


Mortal Kombat X








Source: 

http://www.maniacgame.net/2016/02/sejarah-game.html
http://www.wadezig.com/2015/konsol-game-dari-masa-ke-masa/
https://www.youtube.com/watch?v=QkkoHAzjnUs
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PERMAINAN%20TRADISIOANAL.pdf
http://dokumen.tips/download/link/ejarah-game-dan-definisi-menurut-para-ahli
http://jelajahsejarah.com/jelajah-sejarah-nusantara/enggrang-salah-satu-permainan-tradisional-rakyat-indonesia/
http://www.ayobekasi.com/asal-usul-mainan-congklak/



No comments:

Post a Comment

Link Gunadarma

http://www.gunadarma.ac.id/