Nama : Abdurrahim Yusuf
Kelas : 3IA22
NPM: 50413045
Jurusan : Teknik Informatika
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
BAB 1
1. Pengertian Desain, Grafik, Grafis, Model Menurut KBBI
Desain
adalah
kerangka bentuk rancangan seperti mesin pertanian itu dibuat oleh mahasiswa
fakultas teknik
Grafik
adalah lukisan
pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya
hasil, statistik, dan sebagainya)
Grafis adalah bersifat graf; bersifat huruf;
dilambangkan dengan huruf; 2 bersifat matematika, statistika, dan
sebagainya dalam wujud titik-titik, garis-garis, atau bidang-bidang yang secara
visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan secara terbaik tentang
penyajian hasil penghitungan; bersifat grafik
Model
adalah pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan
dibuat atau dihasilkan.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses
pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun
disiplin ilmu yang digunakan (desain).
3. Prinsip Desain Grafis
3. Prinsip Desain Grafis
Kesederhanaan
Banyak pakar
desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan, .
Penekanan
(aksentuasi)
Penekanan
dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca,
Irama (repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak
pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang
sama
5. Unsur desain grafik
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan
antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar
untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi
dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran
(circle), dan segitiga (triangle). Pada desain komunikasi visual kita akan
mempelajari betuk dasar dan bentuk turunan.
Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu
benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya,
tekstur sering dikategorikan sebagai corakdari suatu permukaan benda, misalnya
permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain
sebagainya.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan
bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda
tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda
tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan
kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang
(background)
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda
dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda
sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain.
Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau
membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Dalam
prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena
sinar (Additive color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor,
TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat
(Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan
gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik
Prinsip dan Unsur Desain
Grafis dalam bidang
1. Kesenian prinsip dalam bidang kesenian
sendiri yaitu desain memiiliki ruang kosong agar tampilan dari seni tersebut
tidak terlalu terlihat padat sehingga dapat memiliki nilai keindahan yang enak
untuk di nikmati serat memiliki kesederhanaan namun tidak mengurangi nilai
keindahan di dalamnya.Unsur dalam bidang kesenian memiliki warna yang
sesuai agar indah di lihat terutama. Unsur dari bentuk, apabila terlihat abstrak
pun masih bisa terlihat nilai dari kesenian tersebut. Memiliki tekstur yang
sesuai dengan kesenian yang dibuat.
2. Arsitektur dalam
bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau disebut
juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk
menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai
nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur adalah Ruang yang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua
unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang (background).
Pemahaman
desain Grafis dalam karikatur
Dalam sebuah krikatur,
pemanfaatan desain grafis sangat di perlukan untuk membuat sebuah desain dari
karikatur itu sendiri. Karena karikatur sangat memerlukan pemahaman tantang
garis, titik-titik serta pewarnaan yang ssuai agar terlihat seperti aslinya.
Pemahaman Desain
Grafis dalam Kesenian
Kesenian Prinsip
dalam bidang kesenian sendiri yaitu desain memiiliki ruang kosong agar tampilan
dari seni tersebut tidak terlalu terlihat padat sehingga dapat memiliki nilai
keindahan yang enak untuk di nikmati serat memiliki kesederhanaan namun tidak
mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur dalam bidang kesenian memiliki
warna yang sesuai agar indah di lihat terutama. Unsur dari bentuk, apabila
terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari kesenian tersebut. Memiliki
tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
Pemahaman Desain
Grafis dalam arsitektur
Arsitektur Dalam
bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau disebut
juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk
menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai
artistic.Unsur dari bidang arsitektur adalah Ruang yang merupakan jarak antara
suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur
untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk
fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek
(figure) dan latarbelakang (background).
Pemahaman Desain
Grafis dalam sistem
Dapat berupa tahap
setelah analis dari siklus pengembangan sistem informasi/teknologi,
menggambarkan bagaimana system terbentuk yang dapat berua penggambaran,
perencanaan, dan pembuatan sketsa.
Contoh pemodelan grafis pada Kesenian,
Karikatur,Sistem Informasi, dan Arsitektur.
Kesenian
: pembuatan animasi 3D
menggunakan aplikasi 3D
Karikatur
: Pembuatan karikatur seseorang
Sistem Informasi :
Perancangan suatu gambar 3D
Arsitektur
:Pembuatan desain interior bangunan baik
tempat tinggal maupun kantor/umum
Nama : Abdurrahim Yusuf
Kelas : 3IA22
NPM: 50413045
Jurusan : Teknik Informatika
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Sumber:
http://nurchairudin11.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
http://tyasjenitri.wordpress.com/2013/02/26/prinsip-unsur-desain-grafis/
http://renaldisasmita.blogspot.co.id/2015/09/konsep-pemodelan-grafik.html
http://tyasjenitri.wordpress.com/2013/02/26/prinsip-unsur-desain-grafis/
http://renaldisasmita.blogspot.co.id/2015/09/konsep-pemodelan-grafik.html
No comments:
Post a Comment