Nama Anggota Kelompok
:
·
Abdurrahim Yusuf (50413045)
·
Bayu Radityo (51413674)
·
Faishal Rizqi (53413121)
·
Fauzul Hakim (53413338)
·
Jonathan Andrew(54413673)
·
Said Umar(58413196)
Kelas : 4IA22
Dosen : Rina Noviana
Ringkasan Eksekutif
Lele merupakan jenis ikan
konsumsi air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin. Di Indonesia
ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang
(Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan
Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele
atau lindi (Jawa Tengah).dan di (Sumatra) dikenal lele sangkuryang
Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali
(Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura
magura (Srilangka), catretrang (Jepang). Dalam bahasa Inggris
disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish.
Dalam usaha budidaya ikan lele, perlu
dilakukan secara intensif dan profesional baik mulai dari pemilihan bibit,
pembesaran dan sampai ikan siap dipasarkan. Dimana ketiga hal ini merupakan
mata rantai yang saling berhubungan, namun bisa berdiri sendiri apabila
diusahakan.
Kami sebagai pembudidaya sangat berharap
adanya bantuan dana penguatan modal dalam usaha ini. Desa, masyarakat dan
pihak-pihak yang berkompeten diharapkan memberi bantuan kepada kami sehingga
dapat mengembangkan segala aspek menyangkut tujuan dari pembudidayaan ikan lele
tersebut.
Tujuan
1. Peningkatan mutu benih ikan lele
2. Penjualan
Ikan berdasarkan periode yang sudah ditentukkan
3. Mengusai
pasar ikan lele
4. Tercapai
kebutuhan konsumen
5. Meningkatkan
jumlah penjualan ikan
Pernyataan Misi
A.
Visi
Menjadi
satu –satunya perternakan lele yang amanah dan jujur, dengan lele berkualitas
tinggi, terwujudnya agribisnis perikanan yang ramah lingkungan
B.
Misi
a. Memperbaiki
kualitas gizi masyarakat indonesia
b. Agar
lebih banyak masyarakat yang mengetahui kemudahan dalam membudiyakan ikan lele
c. Menciptakan
lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran
Perusahaan
Perusahaan
ikan lele yang kami bangun akan menjual benih ikan lele berupa anak ikan lele ,
kemudian kami menjual berupa makanan lele(pelet)
dan makanan alami , kemudian benih dan makanan tersebut dijual ke penjual
dipasar , dipasarkan secara online dan datang langsung ke kelokasi tambak lele
terdekat
Kepemilikan Perusahaan
Perusahaan
ikan lele kami ialah termasuk kedalam “Corportion” dikarenakan dengan
menggunakan corporation memiliki badan hukum yang mempunyai banyak perusahaan dibawahnya
(anggota) dimana ia memiliki hak dan kewajiban yang berbeda dengan anggota
perusahaan.
Sejarah Perusahaan
Dikarenakan
perusahaan kami masih baru kami memutuskan berbisnis ikan lele dengan alasan
untuk mendapatkan income yang memuaskan dan untuk memajukan bisnis perikanan
terutama ikan lele
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Lokasi
perusahaan ikan lele kami berlokasi di Kuningan Jawa Barat yang memiliki
fasilitas sebagai berikut :
a. Gedung
Finance
b. Gedung
Penelitian dan Pengembangan
c. Gedung
Marketing
d. Gedung
Pemijahan
e. Ruang
Ibadah
f. Ruang
HRD
g. Ruang
Rapat
h. Pantry
i.
Internet (Free Wifi)
j.
Ruang Karyawan
k. Kolam
Lele dengan ukuran 5 x 4 m
l.
Kantin
m. Toilet
n. Lahan Parkir
Produksi atau Jasa
Produksi perusahaan kami yaitu berupa
benih ikan lele dan makanannya.
Deskripsi
Barang dan Jasa
Barang/Jasa
1
Kami menjual lele dengan berukuran
bervariasi dari benih ,sedang dan dewasa.
Barang/Jasa
2
Kami menjual makanan ikan lele yaitu
pelet dengan kualiats yang sangat tinggi karena memproduksi dengan hasil
research sendiri.
Karakteristik
dan Perbandingan kompetitif barang/jasa
Ikan lele yang kami jual dan makanannya
sangat berkualitas ,harga produk yang dipasarkan dengan harga terjangkau , segi
pelayanan kami menyediakan pelayanan website, customer care , cod.Kami
memberikan beberapa penawaran menarik bagi yang mempunyai atau menjadi member
perusahaan kami .
Layanan Konsumen
Perusahaan kami melayani konsumen dengan cara melakukan pelayanan via website
yang sudah kami sediakan , kemudian konsumen dapat menghubungi costumer care
kami pada jam operasional pada pukul 07.00 – 19.00 . Lalu perusahaan kami
menyediakan layanan berupa COD (cash on delivery) agar mempermudah konsumen
dalam menerima barang yang dipesan konsumen
Analisis Pasar
Analisis
Industri
Pada analisis industri perusahaan kami terfokus pada segmentasi pasar
bisnis dengan memperhatikan tanggapan konsumen terhadapat manfaat yang dicari
kemudian waktu pengguna dan merek , merek disini adalah berupa makanan ikan
yang perusahaan kami.
Peramalan
Pasar
Perusahaan kami diatas perusahaan lain
dikarenakan perusahaan kami sudah memiliki research facility sendiri
membudiyakan ikan lele dan makanan ikan lele.
Kunci
Untuk Sukses
1. Kenali
ikan lele yang akan dibudiyakan
Kenali dahulu ikan lele yang anda
budidayakan , jenis makanannya dan juga jenis ikannya
2. Persiapkan
Kolam Ikan Lele
Persiapkan lahan kolam , kemudian keruk
sedalam 50 cm. Setelah lahan tanah untuk kolam sudah dikeruk, buat rangka untuk
membuat kolam lele.
3. Persiapan
Air Kolam
Persiapan Air Kolam juga wajib dan
berperan penting, banyak penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele karena
kondisi air yang kurang baik
4. Pemberian
Pakan
Tata cara pemberian ikan lele sangatlah
penting
5. Pengembilan
& penebaran indukan atau bibit ikan lele
Belilah benih yang baik pada tempat yang
terpercaya.
Strategi bisnis dan implementasi
Perusahaan
kami memfokuskan produksi pada ikan dan pakan juga memfokuskan distribusi ke
agen agar semakin dikenal oleh masyrakat
Periklanan
Perusahaan
kami melakukan pengiklanan di sosial media, website dan sepanduk agar
masyarakat lebih tau dan lebih dekat dengan perusahaan kami
Strategi pemasaran
1.
Strategi menyerang. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar
tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran
dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti
menghadirkan program yang menarik bagi konsumen.
2.
Mengembangkan pasar. Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan
produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar
yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu
kejelian dalam melihat pasar.
3.
Mengembangkan produk. Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar,
strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap.
Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang
tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh
pasar.
Rencana
Penjualan
Kami Menjual barang produksi kami dengan cara melalui internet dan menggunakan agen , kita akan melakukan
pelatihan pada agen penjualan yang akan diturunkan dipasar dan diberikan
kompensasi 5%.
Aliansi
Strategis
Perusahaan Kami memberikan peluang bagi perusahaan
lain untuk melakukan kerja sama dalam hal pemasaran, pembagian komisi dan
pembuatan perjanjian kerja sama .
Organisasi
Pada perusahaan kami memiliki beberapa komponen
organisasi yang terdiri dari :
·
Direktur Utama
·
Manager Kepegawaian dan Bagian Umum yang
terdiri dari:
-
Staff
Kepegawaian
-
Staff Bagian Umum
·
Manager Akunting dan Admin yang terdiri
dari :
-
Staff Akunting
-
Staff Admin
·
Manager Marketing yang terdiri dari :
-
Staff Penjualan
-
Staff
Promosi
-
Staff
Pemasaran
·
Manager Produksi yang terdiri dari :
- Staff Produksi
- Staff Produksi
Struktur
Organisasi
Team
Manajemen
·
Direktur
Utama
Nama : Abdurrahim Yusuf
Latar
Belakang : Lulusan S3 Dari Universitas
ternama di Indonesia mengerti cara memanage suatu keadaan dan bertanggung jawab
·
Manager
Akunting
Nama : Faishal Rizqy
Latar Belakang :
Lulusan Universitas luar negeri yang mengerti akan memanage tentang keuangan
dan akunting
·
Manager
Marketing
Nama : Fauzul Hakim
Latar Belakang : Dosen
terbaik yang dapat mengerti tentang pemasaran barang dan mempunyai koneksi
antar perusahaan baik dalam negeri ataupun luar negeri
·
Manager
Admin
Nama : Jonathan Andrew
Latar Belakang :
Seorang IT ternama yang mengerti akan dunia tentang komputer
·
Manager
Produksi
Nama : Bayu Radityo
Latar Belakang : Handal
dalam mengatur produksi barang yang akan
di supply ataupun diterima
·
Manager
Kegepagawaian
Nama : Said Umar
Latar Belakang :
Seorang yang cekatan dan teliti dalam memilih pegawai yang akan diperkerjakan
Kesenjangan
Tim Manajamen
Nama : Abdurrahim Yusuf
Keterampilan yang belum
dimiliki : Membuat keputusan : Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan
memandangnya secara keseluruhan dan menentukan solusi terbaik untuk
memecahkannya. Mengatasi hal ini, perusahaan akan memberikan pendidikan khusus
serta melakukan job enrichment, singkatnya perusahaan akan menambah
tugas dan tanggung jawab.
Nama : Faishal Rizqy
Keterampilan yang belum
dimiliki : Skill Komputer : Saat ini sudah banyak pekerjaan yang menggunakan
laptop ataupun komputer karena dapat melakukan pekerjaan dengan cepat
dibandingkan dengan menulis dikertas atau buku. Mengatasi hal ini perusahaan
akan memberikan pendidikan khusus dan Coaching
(bimbingan).
Nama : Fauzul Hakim
Keterampilan yang belum
dimiliki : Menganalisa kebutuhan konsumen - Manager marketing harus menentukan
dan menetapkan cara apa lagi yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan
produk. Dalam mengatasi hal ini perusahaan akan memberikan pelatihan baik
didalam perusahaan (Internal Training) maupun diluar perusahaan (External
Training).
Nama : Jonathan Andrew
Keterampilan yang belum
dimiliki : Cryptography : Merupakan ilmu
mengamankan pesan sehingga pesan hanya dapat diakses oleh orang tertentu dalam
perusahaan. Menangani hal ini, perusahaan akan memberikan pendidikan khusus,
Coaching (pelatihan), dan uji kompetensi baik oleh perusahaan sendiri ataupun
Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).
Nama : Bayu Radityo
Keterampilan yang belum
dimiliki : Hubungan Manusia : Mengarahkan dan mengontrol agar karyawan yang ada
didalam perusahaan bertindak untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajer yang
baik dituntut untuk memiliki keahlian ini karena keberhasilan dalam mengarahkan
karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Menangani hal ini
perusahaan akan memberikan Job Enrichment
yaitu memberikan penambahan tugas dan tanggung jawab.
Nama : Said Umar
Keterampilan yang belum
dimiliki : Kerja sama : Pemimpin harus
mampu mendorong setiap stafnya untuk bekerja dalam kelompok, saling membantu,
berjuang bersama, selalu menajaga kebersamaan, mau berbagi informasi kerja
dengan sesama kolega, dan selalu berkomunikasi secara terbuka dalam hal
pekerjaan. Mengatasi hal ini perusahaan akan memberikan Job Enrichment yaitu memberikan penambahan tugas dan tanggung jawab
Pada perusahaan kami
yang memberikan saran adanya konsultan hukum adalah direktur utama dimana konsultan hukum digunakan untuk
memberikan saran bagi perusahaan mengenai tata cara hukum yang ada.
Pertimbangan
Tim Manajamen Lainnya
Pada perusahaan kami menyediakan
saham 50% sehingga dewan direksi akan bekerja sesuai dengan saham yang
ditanamkannya. Jika pemegang saham menaruh 50% sahamnya maka pemegang saham
diberikan hak khusus yakni mengatur penjualan dan promosi produk.
Analisis
Keuangan
A. Persentase ikan yang hidup 95% persentase ikan dari
4000 ekor
4000 x 95 : 100 =3800 ekor
Jadi Persentase ikan yang
hidup 3800 ekor
B. Penentuan Harga dan penerimaan
Setip 1 kg ikan berisi 8 ikan lele jadi 3800
ekor/8 ekor =475kg
Hara jual = 475 x 14.000 = Rp. 6.650.000,-
Hara jual = 475 x 14.000 = Rp. 6.650.000,-
C. Pengeluaran 1 kali produksi
Biaya tetap + biaya variabel
Rp.1.360.000+Rp.996.000 = Rp.2.356.000
D.
Keuntungan dari hasil penjualan sekali produksi/ 3 bulan
Penerimaan – Pengeluaran
Rp. 6.650.000 – Rp.2.356.000= Rp.
4.294.000
Dengan demikian selama 3 bulan
kami dapat memperoleh keuntungan sebesar
Rp. 4.294.000 (empat juta dua ratus sembilan puluh empat ribu rupiah)
E. Biaya
Pembangunan Gedung
Total Pembiyaan
Gedung = Rp 20.000.000.000
Rencana Keuangan
- Rencana harga
Harga per
kilo ikan lele selalu berubah-ubah. Harga yang di dapat dari pasaran, yaitu:
Rp.
10.500,00 per kilo untuk benih
Rp. 300.000,00
per kilo untuk induk diberika 1 betina 3 jantan
- Analisis Pendapatan
Apabila telah
didapat harga perkilonya kita hanya perlu menghitungnya sebagai berikut: Jumlah
hasil panen x harga per kilo
150 kg x Rp.
10.500,00 =Rp. 1.575.000,00
- Analisis Laba
Laba bersih panen.pertama
Jumlah pendapatan
hasil panen – (biaya tetap + biaya variabel)
Rp.
1.575.000,00 – Rp. 785.800,00 = Rp. 789.200,00
Laba bersih panen
selanjutnya
Jumlah pendapatan
hasil panen – biaya variabel
Rp.
1.575.000,00 – Rp. 548.200,00 = Rp. 1.026.800,00
No comments:
Post a Comment